JV Green Color JV Gray Color JV Red Color
Indonesian Afrikaans Arabic Chinese (Simplified) Dutch English

Singapura Serukan ASEAN Ambil Tindakan Tegas Atasi Kabut Asap

PDFPrintE-mail

Singapura, - Pemerintah Singapura menyerukan negara-negara anggota ASEAN mengambil tindakan tegas dan keras terhadap masalah kabut asap akibat pembakaran hutan di Indonesia. Hal ini disampaikan Singapura menjelang KTT ASEAN di Malaysia bulan depan.

Seruan ini disampaikan Singapura setelah pasukan dan pemadam kebakaran negeri itu kembali usai melakukan misi bantuan internasional untuk memerangi kebakaran hutan di Sumatra.

"ASEAN harus mengambil tindakan tegas dan keras, lewat peningkatan kerjasama regional, guna mencegah terulangnya masalah lintas perbatasan ini," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura, MFA seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (26/10/2015).

"Singapura akan bekerjasama secara erat dengan negara-negara ASEAN lainnya untuk sepenuhnya mengoperasikan Sistem Monitoring Asap ASEAN, dan gagasan-gagasan kooperatif lainnya," demikian disampaikan MFA.

Dikatakan MFA, Singapura akan menempuh tindakan hukum terhadap perusahaan-perusahaan yang bertanggung jawab atas kabut asap tersebut. MFA pun mendesak Indonesia untuk merespons "permintaan kami yang berulang-ulang untuk membagi informasi" mengenai perusahaan-perusahaan pembakar hutan.

Singapura termasuk salah satu negara ASEAN yang mengalami dampak parah kabut asap dari Indonesia. Otoritas setempat sebelumnya telah meliburkan sekolah-sekolah di negeri itu dikarenakan kabut asap ini. Selain Singapura, kabut asap ini telah hinggap di Malaysia, Thailand dan Filipina. (Sumber: Detik.com)

PANTAUAN HOTSPOT INDOFIRE

Mitra Lembaga

WBH di Facebook

Statistik Website

  • Content View Hits : 6253433