JV Green Color JV Gray Color JV Red Color
Indonesian Afrikaans Arabic Chinese (Simplified) Dutch English

Komitmen Membangun Hutan Desa Muara Merang

PDFPrintE-mail

Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi berdialog dengan pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) & perwakilan masyarakat Muara Merang di kantor LPHD di Dusun III Pancoran, Desa Muara Merang, Kabupaten Musi Banyuasin pada tanggal 17 April 2012.

Pada kesempatan tersebut, Beni Hernedi mengemukakan komitmennya untuk mendukung program Hutan Desa Muara Merang, karena skema pengelolaan Hutan Desa merupakan program pemerintah dalam memberikan akses kepada masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraanya secara berkelanjutan. Program ini juga sangat sejalan dengan aktualisasi visi & misi Pemerintah kabupaten MUBA dalam pengembangan ekonomi kerakyatan.

Beni menjelaskan, salah satu potensi pengembangan ekonomi rakyat yang sudah ada didepan mata saat ini adalah Hutan Desa, untuk itu Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan secara serius membantu masyarakat, karena baik buruknya hutan desa ini akan terkait langsung dengan Kabupaten Musi Banyuasin. Disamping itu, pembangunan di kawasan hutan desa Muara Merang juga  perlu ditingkatkan. Terutama terkait dengan perbaikan jalan desa dan fasilitas umum lainnya, seperti balai pertemuan, fasilitas kesehatan dan pendidikan.

Terkait dengan permasalahan yang dikemukakan masyarakat tentang penebangan liar dan jual beli lahan oleh oknum masyarakat lokal  di kawasan hutan desa yang status lahannya merupakan milik negara itu, Beni berkomitmen untuk memaksimalkan peran Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terutama dalam peningkatan pengamanan dan penegakan hukum. Pengelolaan lahan di hutan desa harus mengikuti Rencana Kerja Hutan Desa (RKHD) dan aturan pengelolaan hutan desa  yang telah dibuat oleh LPHD. Bagi masyarakat yang memanfaatkan lahan di hutan desa tersebut tidak dapat dijadikan hak milik karena statusnya hutan produksi. Oleh karena itu, masyarakat harus mau ditertibkan, dan lahan-lahan harus ditata serta dimanfaatkan dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Program Hutan Desa harus berhasil, karena ini sejalan dengan program Permata Muba,” tegasnya di depan masyarakat Dusun III Pancoran. Dalam kunjungan kerja tersebut, Wakil Bupati Muba didampingi oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Pengamanan Hutan, Kepala Polisi Kehutanan, Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Lalan-Mangsang-Mendis,  perwakilan Kecamatan Bayung Lencir, Kepala Desa Muara Merang, Kepala Desa Medak dan unsur Muspida Muba lainnya.

Dalam dialog yang dipimpin oleh Adiosyafri dari Yayasan Wahana Bumi Hjau (YWBH) yang merupakan lembaga pendamping Hutan Desa Muara Merang tersebut, masyarakat mengemukakan harapannya kepada Pemerintah kabupaten MUBA untuk memaksimalkan peran & kewajibannya dalam hal fasilitasi, pembinaan dan pengendalian guna mensukseskan program hutan desa ini.

“Dengan kedatangan Wabup, lanjut Adiosyafri, masyarakat bersemangat dan bertambah optimis akan keberhasilan program hutan desa. Karena ungkapan komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang secara langsung disampaikan oleh Wabup dalam memaksimalkan perannya tersebut dihadapan semua pengurus LPHD dan masyarakat dusun Pancuran desa Muara Merang.

PANTAUAN HOTSPOT INDOFIRE

Mitra Lembaga

WBH di Facebook

Statistik Website

  • Content View Hits : 5729804