FGD Penyusunan Kerangka Kerja


Written by Administrator


Thursday, 16 October 2014 15:07

Palembang

FGD Penyusunan Kerangka Kerja, Indikator & Parameter Keanekaragaman Hayati untuk Sistem Monitoring

Palembang, BIOCLIME-GIZ dan DISHUT Sumatera Selatan Menyelenggarakan FGD Penyusunan Kerangka Kerja, Indikator & Parameter Keanekaragaman Hayati untuk Sistem Monitoring

Palembang. Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi (megadiversity country) dan perhatian Indonesia cukup besar terhadap konservasi keanekaragaman hayati. Hal itu dibuktikan dengan dikeluarkannya berbagai kebijakan terkait oleh pemerintah, diantaranya UU no 5 tahun 1990 tentang Konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistemnya; UU no 41 tahun 1999 tentang kehutanan dengan memberikan alokasi ruang khusus, yaitu hutan untuk fungsi lindung kawasan dibawahnya dan fungsi konservasi berupa kawasan hutan suaka alam, kawasan pelestarian alam dan taman buru, serta mandat UU no 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang Nasional yang memberikan alokasi ruang untuk fungsi lindung bagi ekosistem penting (ekosistem gambut dan kawasan lindung lain).

Dalam kancah internasional, perhatian pemerintah ditunjukkan dengan ikut serta meratifikasi Konvensi Keanekaragaman Hayati (Convention on Biological Diversity/CBD) pada tahun 1992 dan menetapkan UU No. 5 tahun 1994 tentang Pengesahan United Nations Convention On Biological Diversity (Konvensi Perserikatan Bangsa Bangsa Mengenai Keanekaragaman Hayati). Selain itu, Indonesia juga ikut serta dalam merumuskan rencana strategis dalam CBD utuk melindungi ekosistem sampai tahun 2020 pada COP ke-10 Nagoya, Jepang yang dikenal dengan Aichi Target.

Selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*