Informasi Singkat Proyek Perlindungan Buaya Senyulong

Tentang proyek

Proyek ini berjudul Protection of the Senyulong crocodile habitat in the Merang-Kepayang Peat Swamp Forest (Perlindungan terhadap habitat buaya Senyulong di kawasan Hutan Rawa Gambut Merang Kepayang). Secara umum proyek ini merupakan bagian dari proyek jangka panjang yang direncanakan oleh Wahana Bumi Hijau (WBH) Palembang dalam mengembangkan bentuk konservasi yang ideal bagi kelestarian Habitat Buaya Senyulong di Kawasan Hutan Rawa Gambut Merang Kepayang.

Untuk saat ini, proyek ini mempunyai 3 tujuan utama yaitu :

1) Untuk mengumpulkan informasi tentang Habitat Buaya Senyulong seperti jumah populasinya, jumlah sebarannya, sarangnya dan ukuranya.

2). Untuk mengumpulkan informasi tentang sosial ekonomi sekitar kawasan, misalnya jumlah populasi penduduk yang tinggal disekitar habitat buaya Senyulong, kegiatan kegiatan pemanfataan sumber daya alam yang berlangsung disekitar habitat Senyulong, dan bentuk-bentuk ancaman utama terhadap habitat buaya Senyulong. Dan

3), dari kedua informasi diatas, akan dicari dan dikembangkan model-model konservasi yang relevan untuk perlindungan habitat buaya Senyulong di Sungai Merang.

Selain itu, diawal project ini, juga dilakukan penelusuran berbagai aktivitas yang pernah, sedang dan akan dilakukan oleh berbagai pihak, seperti pemerintah, peneliti, masyarakat, perusahaan dan organisasi non pemerintah. Diakhir proyek diharapkan akan ada kesepakatan para pihak berkepentingan mengenai bentuk konservasi yang cocok terhadap Habitat Buaya Senyulong, dan terkumpulkan data yang akurat mengenai kondisi sosial ekonomi masyarakat dan perkembangan habitat Buaya Senyulong di kawasan Hutan rawa Gambut Merang Kepayang.

Saat ini, proyek ini berjalan atas pendanaan oleh International Union Conservation of Nature Nederland melalui skema Ecosystem Grants Programme atau disingkat IUCN NL-EGP. (Proj. Manager)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*